Minggu, 30 Oktober 2011

Tips Keamanan Jaringan Nirkabel di Rumah.

Seiring perkembangan zaman saat ini mulai banyak orang yang mulai memasang jaringan komputer nirkabel (wireless home network) di rumah mereka. Fungsinya tentu saja agar desktop pc dan laptop dalam satu rumah bisa terhubung internet melalui access point.

Berikut merupakan tips-tips untuk mengamankan jaringan nirkabel pada rumah anda : 

1. Ganti Password Administrator Default 
Pusat dari jaringan Wi-Fi di rumah adalah access point atau router, untuk dapat melakukan set up dari peralatan access point ini maka vendor akan memberikan suatu interface yang berbasis web dimana kita harus mengisikan username dan password. Agar username dan password tidak mudah ditebak maka kita harus mengubah username serta password yang ada.

2. Aktifkan Enkripsi
Inti dari enkripsi disini untuk mengacak data yang dikirim pada jaringan nirkabel sehingga tidak mudah dibaca oleh pihak lain.

3. Ganti SSID Default
SSID merupakan suatu nama jaringan yang digunakan oleh access point atau router. Biasanya vendor memberi nama sebuah produk dengan default SSID, yang memungkinkan para hacker bisa membobol jaringan tersebut karena access point tersebut tidak dikonfigurasi dengan baik. Oleh karena itu gantilah SSID default anda segera setelah menset-up access point. 

4. Aktifkan MAC Address Filtering
Setiap peralatan Wi-Fi pasti memiliki suatu identifikasi yang dinamakan physical address atau MAC address. Disini kita bisa set peranti dengan MAC address tertentu saja yang boleh mengakses ke dalam jaringan nirkabel kita.

5. Matikan Broadcast dari SSID
Karena di pasang di rumah sendiri, fasilitas broadcast SSID ini tidak perlu diaktifkan karena bisa mengundang orang lain untuk mengetahui SSID anda serta untuk mencegah orang lain menumpang jaringan internet anda dengan gratis. 

6. Berikan Alamat IP Statis Kepada Peranti Wi-Fi
Agar jaringan nirkabel kita aman sebaiknya fitur DHCP pada access point dimatikan serta set suatu rentang alamat IP yang sudah anda tentukan dan peranti Wi-Fi yang ingin terkoneksi ke access point sesuai dengan rentang alamat IP yang sebelumnya telah ditentukan.

referensi : http://win-cinta.blogspot.com/2007/09/8-tips-keamanan-jaringan-nirkabel-di.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar