Rabu, 03 April 2013

GAME BUATAN INDONESIA "DIVINE KIDS"

Indonesia sebagai negara berkembang, tak luput dari serbuan game-game buatan luar negeri. Hal inilah yang membuat David Setiabudi termotivasi untuk membuat Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki game buatan dalam negeri. Dari sinilah kemudian lahir beberapa game buatannya. Awalnya game-game tersebut hanya disebarkan secara underground (ke kalangan teman-teman terdekat). David kemudian memberi nama seri gamenya dengan "Divine Kids".






Setelah beberapa game yang dibuat, David pun mulai membangun fondasi  untuk game DivineKids-nya, dimulai dengan mendaftarkan karakter-karakter dan logo DivineKids. Tahun 2004 dibentuklah Divine Kids Associates, suatu wadah untuk menampung mereka-mereka yang juga ingin membuat game. Dan di bulan Mei 2004 majalah PCGAME pun memuat artikel mengenai David Setiabudi sekaligus menerbitkan 1 CD penuh yang berisi 16 karya DivineKids Assosiates. Berkat kerja keras dan ketekunannya, beberapa penghargaan pun berhasil diraih. Tahun 2008 di Indonesian Games Award, DivineKids terpilih sebagai Game Developer Indonesia Terfavorit. Yang paling fenomenal, sekaligus kontroversial, tentunya adalah penghargaan MURI yang menetapkan David Setiabudi sebagai Pembuat Game Pertama Indonesia. Kontroversial karena banyak pihak di kalangan komunitas game Indonesia yang merasa bahwa game Indonesia sudah ada sejak era 90-an dan tentunya pembuatnya bukan David Setiabudi. Terlepas dari polemik yang ada, usaha David untuk membangkitkan dunia game tanah air patut diacungi jempol. Tercatat sudah lebih dari 80 game yang sudah dikembangkan dengan berbagai tema, seperti: strategi, RPG, edukasi, teka-teki, dan bahkan bernuansa horor.



Berikut beberapa contoh game buatan David Setiabudi :  
  • BAMBO KETIK
Di game ini Anda memainkan seorang tokoh bernama Bambo yang akan bertarung melawan monster hewan. Dalam pertarungan engine-game akan mengacak 2 pilihan aksi untuk Anda, dan untuk masing-masing tersebut akan ada sederetan huruf yang harus Anda ketik secara benar untuk mengaktifkannya.
 



  • PETUALANGAN DIVINE KIDS
Buat Anda yang suka game RPG, khususnya model lama, tidak ada salahnya mencoba game yang satu ini. Di awali dengan pengantar yang menceritakan adanya serangan monster ke berbagai desa dan kota, Anda langsung akan memainkan seorang tokoh bernama Abe. Layaknya game RPG standar, di game ini Anda juga ada sistem uang (rupiah) yang bisa membeli item seperti senjata, tameng, pelindung kepala, baju zirah, obat penyembuh dll. Game ini juga sudah mengenal sistem party, sehingga Anda bisa berpetualang dengan lebih dari satu karakter sekaligus. Dalam permainannya game ini benar-benar menanamkan cita rasa lokal, salah satu caranya dengan menampilkan karakter yang menggunakan bahasa daerah khas suku di Indonesia.






  • >  GAME CAMPUS FIGHTER !!!
Mainnya gampang, hanya pakai mouse, klik kiri, dan klik kanan, lawannya ada 8 orang mahasiswa dengan kekuatan super. Ada load dan save. Dijamin ga menyesal kalo download.





  • Bajaj Jakarta Bambo
     Mau merasakan jadi sopir bajaj, harus antar orang ke tujuan? Dapat duit? Keliling monas?






Dan masih banyak lagi berbagai macam game buatan David yang juga bisa anda download secara gratis. Selamat Mencoba :)

  
Referensi:


 



Rabu, 27 Maret 2013

PENGERTIAN DAN SEJARAH PERKEMBANGAN GAME


Pengertian Game



Game. Siapa yang tidak mengenal kata tersebut? Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa pun sangat menyukainya. Game berasal dari kata bahasa inggris yang memiliki arti dasar Permainan. Permainan dalam hal ini merujuk pada pengertian “kelincahan intelektual” (intellectual playability). Game juga bisa diartikan sebagai arena keputusan dari aksi pemainnya karena ada target-target yang ingin dicapai, kelincahan intelektual pada tingkat tertentu juga merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal. Pada era globalisasi saat ini, para pengelola industri game berlomba-lomba untuk menciptakan game yang lebih nyata dan menarik untuk para pemainnya. Hal inilah yang membuat perkembangan games di komputer sangat cepat. Sehingga games bukan hanya sekedar permainan untuk mengisi waktu luang atau sekedar hobi. Melainkan sebuah cara untuk meningkatkan kreatifitas dan tingkat intelektual para penggunanya bahkan sebagai sebuah lapangan pekerjaan.

Jadi, bermain game adalah suatu proses “fine tuning” (atau penyamaan frekuensi) dari logika berpikir anak-anak kita dengan logika berpikir aplikasi komputer yang canggih tadi. Pada saat bersamaan, game juga secara nyata mempertajam daya analisis para penggunanya untuk mengolah informasi dan mengambil keputusan cepat yang jitu. Berikut pengertian game menurut beberapa ahli:

  • JOHN C BECK & MITCHELL WADE
    Game adalah penarik perhatian yang telah terbukti. Game adalah lingkungan pelatihan yang baik bagi dunia nyata dalam organisasi yang menuntut pemecahan masalah secara kolaborasi.

  • IVAN C. SIBERO
    Game merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan dinikmati para pengguna media elektronik saat ini.

  • FAUZI .A
    Game merupakan suatu bentuk hiburan yang seringkali dijadikan sebagai penyegar pikiran dari rasa penat yang disebabkan oleh aktivitas dan rutinitas kita.

  • SAMUEL HENRY
    Game merupakan bagian tak terpisahkan dari keseharian anak, sedangkan sebagian orang tua menuding game sebagai penyebab nilai anak turun, anak tak mampu bersosialisasi, dan tindakan kekerasan yang dilakukan anak.

  • ANDIK SUSILO
    Game adalah salah satu candu yang susah dihilangkan, bahkan ada yang mengatakan bahwa candu game online setara dengan narkoba.

  • JOHN NAISBITT
    Game merupakan sistem partisipatoris dinamis karena game memiliki tingkat penceritaan yang tidak dimiliki film.

  • ALBERT EINSTEIN
    Game adalah bentuk investigasi paling tinggi .

  • WIJAYA ARIYANA & DENI ARIFIANTO
    Game merupakan salah satu kebutuhan yang menjadi masalah besar bagi pengguna komputer, karena untuk dapat memainkan game dengan nyaman, semua komponen komputernya harus memiliki kualitas yang baik, terutama VGA card-nya.

  • AGUSTINUS NILWAN dalam bukunya “Pemrograman Animasi dan Game Profesional”
    Game diartikan sebagai suatu aktivitas terstruktur atau juga digunakan sebagai alat pembelajaran.

Sejarah Perkembangan Game



Generasi game pertama muncul dari ATARI 2600 yang merupakan konsole game pertama yang sukses di masanya. ATARI 2600 ini dirilis pada Oktober 1977, setelah itu dikenal dengan nama VCS (Video Computer System) setelah sukses pada generasi pertama ATARI tidak menyerah sampai disitu saja untuk memajukan dunia game elektronik pada generasi kedua muncullah ATARI 7800 konsol yang dirilis pada Juni 1986, terdapat sedikit kemajuan dengan menambahkan joystik sehingga user dapat lebih mudah untuk memainkan konsole game ini namun pada masanya harga dari konsole game ini selangit yaitu $140. Pada jamannya mungkin ini menjadi salah satu permainan termahal. Setelah Atari 7800 ada NES Nintendo Entertaintment System, inilah konsole permainan pertama kali yang menggunakan 8 bit. Nintendo ini menghasilkan produk game yang lain daripada yang lain. Salah satu game yang compatible dengan NES ini adalah super mario bros. Setelah NES laris manis dengan super marionya lalu muncul lagi konsole game Sega Mega Drive, sega mega drive ini merupakan generasi ke tiga dari dunia game. Sega menggunakan 16 bit dan dirilis pada tahun 1988, kalau tadi nintendo dikenal dengan super mario brossnya, Sega juga tidak mau kalah dengan mengeluarkan game Sonic The Hedhog. Pada generasi ke empat dari sejarah game produksi game semakin menjamur dan berkembang pesat. Salah satu contoh pada generasi ke empat ini lahirlah Playstation yang merupakan salah satu game konsole terlaris dan menurut saya terbaik di indonesia bahkan di dunia merupakan terobosan baru di dunia game dengan menggunakan 32 bit. Generasi kelima playstation atau yang lebih akrab kita sebut PS semakin gencar melakukan produksi lainnya yang lebih mutakhir dengan mengeluarkan konsole game PS2 namun pada generasi ke lima ini sangat banyak sekali saingan PS2, XBox, Sega Saturn, Dreamcast karena pada generasi kelima ini sudah mulai banyak perusahaan yang memproduksi konsole game. Generasi sekarang, pada tahun ini sudah banyak sekali konsole game menjamur di dunia PS juga masih terus mengem bangkan sistemnya dengan mengeluarkan PS3, Xbox juga mengeluarkan XBOX 360, lalu nintendo juga mengeluarkan WII.






Rabu, 13 Februari 2013

Tutorial Membuat Meja Dengan Aplikasi Blender



Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat objek meja pada Blender. Pertama akan muncul objek kubus selanjutnya klik tab  dan pilih Face select mode. Tujuannya agar kita bisa mengatur sebesar apa meja yang nantinya akan dibuat, pilih garis hijau dan merah untuk membuat objek tersebut telihat lebih panjang atau lebar dan garis biru digunakan untuk mengecilkan objek. Lalu klik ctrl + r untuk membuat garis-garis pada objek tersebut yang nantinya digunakan sebagai patokan untuk membuat kaki-kaki meja. Untuk memindahkan objek klik tab lalu tekan g. 



 
Untuk membuat kaki meja klik tab + e lalu tarik bagian objeknya. 


Selanjutnya masuk tahap mewarnai objek, pilih material lalu pilih difuse untuk memilih warna yang akan digunakan, setelah dipilih warnanya klik assign. Agar semua bagian objek berwarna sama klik shift sambil klik kanan dan arahkan ke titik-titik mana saja yang akan diwarnai.


Selanjutnya membuat lantai dengan cara add plane lalu klik s pada objek untuk memperbesar atau memperkecil ukuran objek. Untuk membuat latar klik world lalu pilih star dan pilih warna yang akan digunakan. Setelah semuanya selesai seperti inilah hasil meja tersebut.


Kamis, 27 Desember 2012

Chapter 3 Articulating Design

Mengartikulasi Desain

Sebuah desain berkomunikasi dalam berbagai cara dan bekerja dalam tingkatan berbeda karena itu dapat mencakup berbagai konsep dan referensi. Setiap elemen desain dapat berkomunikasi dengan penonton, tetapi pesan mungkin tidak mudah diidentifikasi, diakui atau dipahami oleh semua penonton karen perbedaan dalam bagaimana orang menerima atau menafsirkan informasi.

Pilihan Desain

Seorang desainer harus memilih dari banyak pilihan yang tersedia. Seperti yang terlihat sebelumnya, tipografi bukan hanya sekelompok huruf dan font, namun unsur-unsur yang dipilih dengan mengacu pada sejarah mereka atau filsafat asal, dan bagaimana mereka terlihat, mengisi dan warna ruang. Warna membangkitkan emosi yang berbeda dan membawa sejumlah makna dan referensi. Sebuah gambar mungkin representasi langsung dari sebuah objek atau mungkin merupakan sesuatu yang sama sekali berbeda tergantung pada bagaimana diperlakukan, dan hubungan yang terjalin bersama elemen desain lainnya. Awalnya, klien tidak mungkin membuat semua koneksi dan interpretasi seorang desainer telah menanamkan ke dalam pekerjaan. Menyajikan kerja sering memerlukan seorang desainer untuk menjelaskan pemikiran di balik pilihan yang dibuat dalam rangka klien memahami manfaatnya. Misalnya, Nike swoosh dan logo karakter Starbucks telah menjadi desain yang sangat sukses meskipun sebagian besar orang tidak tahu apa yang mereka wakili atau alasan di balik pilihan desain yang dibuat.

Subjektif / obyektif sudut pandang

Artinya dapat diberikan atau dihasilkan dari subyektif atau sudut pandang obyektif dan penting untuk mengevaluasi baik ketika memproduksi desain. Sebuah subjektif sudut pandang bisa menjadi desain untuk target konsumen, sementara orang lain memiliki suatu tujuan sudut pandang mengenai artinya. Membentuk sudut pandang subjektif yang diinginkan yang menarik bagi target penonton tanpa mengasingkan orang lain tidak semudah yang dipikirkan. Sebagai contoh, apa yang mungkin kelinci lucu yang menarik bagi satu kelompok orang bisa tampak norak dan lelah bagi yang lainnya.

Mendedikasikan

Vault 49 desain untuk mendedikasikan, Parisbased fashion dan majalah gaya hidup, mengaburkan batas-batas antara desain grafis, fotografi dan ilustrasi. Lembaga multidisiplin ini menggunakan berbagai media untuk menghasilkan desain yang menakjubkan seperti yang digambarkan. Perhatikan bagaimana ilustrasi telah digunakan untuk menambah kualitas dari foto tersebut dan meningkatkan daya tarik visual.

Kuantitatif / kualitatif pilihan

Motivasi dan keadaan dibelakang perilaku pembelian sangat bervariasi dan orang-orang merespon secara berbeda terhadap aspek kuantitatif dan kualitatif dari informasi yang disajikan. Sebagai contoh, satu kelompok dapat lebih tertarik pada harga sebotol kecap, sementara yang lain membuat keputusan pembelian yang didasarkan pada kualitas bahan. Kompleksitas dari suatu individu kuantitatif dan kualitatif preferensi berarti bahwa mereka berubah dari produk ke produk. Orang A membeli kecap sesuai dengan harganya mungkin membeli mayones berdasarkan selera atau bahannya. Memiliki pemahaman tentang pertimbangan apa yang penting dalam pengambilan keputusan dari target kelompok memungkinkan seorang desainer untuk menggabungkan seperti mencari informasi yang memicunya masuk ke dalam sebuah rancangan.

Tingkat Micro / macro

Orang-orang memiliki apresiasi berbagai skala dan perspektif, dan kesadaran mereka melewati tingkat mikro dan makro juga bervariasi. Beberapa orang mudah memahami konsep di atas jangkauannya, tetapi terjebak pada detail, sementara yang lain memahami detail dengan baik tetapi tidak memahami gambaran yang lebih besar. Sebuah desain harus berkomunikasi pada tingkat yang sesuai sehingga target penonton bisa memahami informasi yang disajikan.
Sebuah desain dapat dinilai kritis karena kualitas estetika, tetapi sementara ini adalah praktek yang sah, desain selalu menghasilkan respon pada mereka yang melihatnya, terlepas dari apakah seorang kritikus berpikir itu baik atau buruk. Sementara tahun pengalaman dan pelatihan berdiri di belakang pilihan seorang desainer, pendekatan mereka untuk pekerjaan tidak akan sama seperti yang dilakukan seorang manajer, pedagang fund atau klien. Hal ini dapat menyebabkan konflik, tetapi harus diingat bahwa seorang desainer tidak merancang untuk diri sendiri tetapi untuk memenuhi kebutuhan klien yang mungkin memiliki rasa yang lebih baik dari apa kelompok sasaran utama yang akan merespon.




Referensi :
The Fundamentals of Graphic Design ( Chapter 3 Articulating Design Hal. 76 - 77 )
Gavin Amborse + Paul Harris