Minggu, 28 Juli 2013

VIRTUAL REALITY


Virtual Reality adalah bentuk dari pewujudan aktifitas di dunia nyata yang diaplikasikan pada dunia virtual, ditampilkan melalui layar monitor atau melalui tampilan stereoskopis spesial, disertai dengan dukungan suara melalui speaker atau headphones. User dapat berinteraksi dengan lingkungan virtual dengan peralatan input normal seperti keyboard dan mouse, atau peralatan lainnya yang lebih lengkap sesuai kebutuhan. 
Virtual Reality biasanya digunakan sebagai pembantu dalam dunia pendidikan, penelitian, kesehatan, dll. Sebagai contoh adalah digunakan sebagai simulasi pesawat terbang sesuai dengan situasi dan kondisi pesawat sesungguhnya, para pilot pun dapat berlatih dan belajar dengan mengurangi resiko yang sangat besar.

Contoh peralatan input Virtual Reality :



Elemen Virtual Reality :
  • Virtual World atau Dunia Virtual yaitu content dari sebuah medium yang diberikan. Dapat berupa screen play atau script. Aktor yang memperagakan permainan memungkinkan kita untuk mengalami virtual world.
  • Sensory Feddback yaitu informasi mengenai virtual world ditampilkan ke indra user. Dapat bersifat secara visual (paling umum), audio, atau sentuhan.
  • Interactivity yaitu virtual world merespon aksi user. Komputer membuat hal ini menjadi mungkin dan real time.
  • Immersion yaitu sensasi berada di dalam sebuah lingkungan. Di bagi menjadi beberapa jenis yaitu:        
    1.   mental immersion   : suspension of disbelief  
    2. physical immersion : secara badan/fisik memasuki media  
    3. mentally immersed  : sensasi user berada di dalam virtual environment
Contoh penerapan aplikasi menggunakan virtual reality :
  • Manufaktur : Pengujian Rancangan, Prototipe Semu (autocad, 3dmax), Analisis ergonomik, simulasi semu dalam perakitan, produksi dan pemeliharaan.
  • Arsitektur : Perancangan gedung. 
  • Militer : pelatihan (Pilot, Astronot, Pengemudi), Simulasi Peperangan( Cry Engine 3).
  • Kedokteran : pelatihan pembedahan, terapi fisik.  
  • Penelitian / pendidikan : studi tentang topan, konfigurasi galaksi, pengujian matematika kompleks. 
  • Hiburan : Museum Virtual, Permainan balap, Simulasi pertempuran udara, Taman Virtual, Simulasi Ski, dan lain sebagainya.


Referensi:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar