Selasa, 11 Januari 2011

KEBUDAYAAN INDONESIA YANG MEMBANGGAKAN

Menurut saya kebudayaan bangsa Indonesia ada banyak sekali. Contoh yang saya ambil adalah berdasarkan kebudayaan atau kebiasaan yang sering dilakukan di kampung halaman saya Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Mungkin kebiasaan ini tidak hanya terjadi di kampung halaman saya tetapi juga di kota-kota lain di Indonesia.

Indonesia memiliki beragam budaya yang sangat banyak yang dapat kita ambil manfaatnya untuk kehidupan sehari-hari. Di masyarakat daerah kebudayaan gotong royong yang sangat menonjol dimana bila ada satu warga atau keluarga yang mengadakan hajatan misalnya pernikahan dan sunatan maka semua tetangga akan ikut terlibat misalnya semua bahan makanan serta keperluan lain untuk pesta semua berasal dari tetangga atau warga setempat seperti, beras,daging,telur,ayam,sayur mayur dan sebagainya. Untuk mempersiapkan makanannya atau keperluan lain semua dikerjakan bersama yang biasa disebut 'rewangan' di kediaman yang punya hajatan atau pesta.
Yang lebih anehnya apa yang telah kita berikan semua itu akan tercatat oleh seorang warga yang dituakan atau dipercaya. Kebiasaan ini pasti akan digantikan kembali oleh keluarga yang telah disumbangkan (bisa dibilang hubungan timbal balik atau balas budi) bila keesokan harinya warga lain juga mengadakan hajatan. Kebudayaan ini sudah berlangsung turun temurun di kampung halaman saya dan itu bukan menjadi masalah bagi masyarakat kami. Walaupun salah satu warganya sudah keluar dari daerah tersebut atau pindah kebudayaan ini tidak akan dilupakan dan masih tetap digunakan.
Tidak hanya untuk acara pernikahan atau sunatan, untuk keluarga yang telah tertimpa musibah (meninggal dunia) kebiasaan ini juga digunakan dan itu berlangung selama 40 hari.

Mungkin itu salah satu kebudayaan Indonesia yang menurut saya unik tapi memang terjadi di sebagian besar masyarakatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar