Jumat, 26 November 2010

BAB IV PEMUDA DAN SOSIALISASI


A.   Internalisasi Belajar & Spesialisasi
Masa Remaja merupakan masa transisi (masih rentan)& secara psikologis sangat problematis atau dapat disebut banyak terdapat permasalahan didalam hidupnya, masa ini memungkinkan mereka berada dalam anomi akibat kontradiksi norma maupun orientasi mendua, sehingga sangat besar kemungkinan membuat mereka mudah untuk melanggar peraturan-peraturan.

ORIENTASI MENDUA : Orientasi yang bertumpu pada harapan orang tua, masyarakat & bangsa yang sering bertantangan dengan keterikatan serta loyalitas terhadap peer (teman sebaya),apakah itu di lingkungan belajar (sekolah) atau di luar sekolah.

      Ada 2 ALTERNATIF memecahkan masalah :
1. Mengaktifkan kembali fungsi keluarga dan pendidikan agama
2. Menegakkan hukum

       PERAN MEDIA MASSA
      Masa remaja merupakan periode peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa.
      Periode ini ditandai dengan ciri, keinginan memenuhi dan menyatakan identitas diri, kemampuan melepas diri dari ketergantungan orang tua dan kebutuhan memperoleh akseptabilitasdi tengah sesama remaja.
      Sebagai jalan keluar adalah perlunya membekali remaja dengan keterampilan informasi, serta melakukan intervensi ke dalam lingkungan informasi mereka secara interpersonal dan bimbingan orang tua dalam mengkonsumsi media massa.

PERLU DIKEMBANGAN : Kecenderungan-kecenderungan relasi orang tua & remaja ( KROR)
• KROR positif : Faktor pendukung hubungan orang tua & remaja yang edukatif
• KROR negatif : Faktor yang tidak mendukung karena bersifat destrruktif & konfrontatif

       B. PEMUDA DAN IDENTITAS
PEMUDA : suatu generasi yang dipundaknya terbebani bermacam-macam harapan, dikarenakan sebagai generasi penerus yang akan selalu mengalami perubahan. Akan tetapi mempunyai permasalah-permasalahan yang sangat bervariasi, disamping itu pemuda juga memiliki potensi-potensi yang sangat beragam. Potensi yang dimiliki para pemuda juga sangat variatif sehingga dapat membantu membangun perkembangan di dunia.

PROSES SOSIALISASI : proses yang sangat menentukan kemampuan diri pemuda untuk menselaraskan diri di tengah-tengah kehidupan masyarakat, dapat dikatakan proses pembentukan kepribadian seseorang tergantung dimana mereka hidup dan bagaimana lingkungan disekitarnya.

I. Pembinaan & Pengembangan Generasi Muda
Pola Dasar Pembinaan & Pengembangan Generasi Muda ditetapkan Nomor : 0323/U/1978 tanggal 28 Oktober 1978.
Pembinaan & Pengembangan Generasi Muda disusun berlandaskan :
1. Landasan idiil : Pancasila
2. Landasan konstitusional : Undang-undang Dasar 1945
3. Landasan strategis   : Garis-garis Besar Haluan Negar
4. Landasan historis     : Sumpah Pemuda Tahun 1928 & Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945
Landasan normative     : Etika,tata nilai & tradisi luhur yang hidup di masyarakat

Pembinaan & Pengembangan Generasi Muda ada 2 pengertian pokok :
1. Generasi muda sebagai subyek pembinaan & pengembangan adalah mereka yang telah memiliki bekal-bekal & kemampuan serta landasan untuk dapat mandiri dalam keterlibatannya secara fungsional bersama potensi lainnya,guna menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi bangsa dalam rangka kehidupan berbangsa & bernegara serta pembangunan nasional.
2. Generasi muda sebagai obyek pembinaan & pengembangan ialah mereka yang masih memerlukan pembinaan & pengembangan kea rah pertumbuhan potensi & kemampuan-kemampuannya ke tingkat yang optimal & belum dapat bersikap mandiri yang melibatkan secara fungsional

II. Masalah & Potensi Generasi Muda
1. Permasalahan Generasi Muda
a. Dirasa menurunnya jiwa idealisme,patriotisme & nasionalisme.
b. Kekurangpastian yang dialami oleh generasi muda terhadap masa depannya.
c. Belum seimbangnya antara jumlah generasi muda dengan fasilitas pendidikan yang tersedia, baik  formal maupun non formal.
d. Kurangnya lapangan kerja & Tingginya pengangguran.
e. Kurangnya Gizi untuk kecerdasan & pertumbuhan.
f. Masih banyak perkawinan yang di bawah umur.
g.Pergaulan bebas yang membahayakan.
h. Meningkatnya kenakalan remaja
i. Belum adanya peraturan perundangan yang menyangkut generasi muda.

2. Potensi-potensi Generasi Muda
a. Idealisme & daya kritis
b. Dinamika & Kreatifitas
c. Keberanian dalam mengambil resiko
d. Optimis & kegairahan semangat
e. Sikap kemandirian & disiplin murni
f. Terdidik
g. Keanekaragaman dalam persatuan & kesatuan
h. Patriotisme & Nasionalisme
i. Sikap kesatria
j. Kemampuan penguasaan ilmu & teknologi

3. Sosialisasi : Proses yang membantu individu melalui belajar & penyesuaian diri dalam individu maupun masyarakat

Tujuan pokok sosialisasi :
- Individu harus diberi ilmu pengetahuan yang dibutuhkan bagi kehidupan kelak di masyarakat
- Individu harus mampu berkomunikasi secara efektif & mengembangkan kemampuannya
- Pengendalian fungsi-fungsi organic yang dipelajari melalui latihan-latihan mawas diri yang tepat.
- Bertingkah laku selaras dengan norma atau tata nilai & kepercayaan pokok yang ada pada lembaga atau kelompok khususnya & masyarakat umumnya

III. PERGURUAN & PENDIDIKAN
A. Mengembangkan Potensi Generasi Muda
Pentingnya mengembangkan potensi generasi muda agar menjadi inovator-inovator yang memiliki kemampuan dan skill berkualitas tinggi.

B. Pendidikan & Perguruan Tinggi
Kualitas sumber daya manusia merupakan faktor yang sangat menentukan dalam proses pembangunan. Manusia bukan hanya obyek pembangunan, akan tetapi juga subyek pembangunan.

      Generasi muda , khususnya yang berkesempatan mengenyam pendidikan tinggi menjadi penting, karena :
1. Sebagai kelompok masyarakat yang memperoleh pendidikan yang terbaik
2. Sebagai kelompok masyarakat yang paling lama di bangku sekolah
3. Mahasiswa yang berasal dari berbagai etnis & suku bangsa dapat menyatu dalam bntuk terjadinya akulturasi sosial & budaya
4. Kelompok yang akan memasuki lapisan atas dari susunan kekuasaan,struktur perekonomian & pretise di dalam masyarakat.
 

Selasa, 23 November 2010

KELUARGAKU TERSAYANG :)

Keluargaku , Belahan jiwaku

Keluargaku terdiri dari 5 orang. Aku adalah anak kedua dari tiga bersaudara, anak perempuan satu-satunya di keluarga. Kakakku bernama Bayu Prakoso yang saat ini masih duduk di bangku kuliah menyelesaikan studinya di Teknik Perminyakan, Univ.Trisakti. Adikku Guruh Jiwo Prakoso saat ini masih duduk di bangku sekolah dasar.

Ayahku bekerja sebagai pegawai BUMN dan ibuku berada di rumah mengurusi kami semua (Ibu rumah tangga).

Walaupun aku adalah anak perempuan satu-satunya di rumah bukan berarti paling dimanja loh.
Ayahku mempunyai watak yang keras dan disiplin yang tinggi sehingga terkadang aku pun suka beradu pendapat dengannya karena suka tidak mengerti/ tidak sejalan dengan pendapat ayah.
Tapi mungkin itu dulu semakin aku besar dan dewasa ternyata apa yang semua ayah katakan dulu benar semua. Ia bekerja setiap hari membanting tulang agar bisa terus memenuhi semua kebutuhan keluarga.
Dad I love You :)
Lain lagi dengan Ibuku, beliau mempunyai sifat yang sabar, sangat memperhatikan keluarganya dan tentunya sangat sayang kepada kami semua. Ibuku orang yang paling dekat denganku. Jika ada masalah atau apapun orang pertama yang aku tanya, orang pertama untuk meminta pendapat, orang pertama jika aku sudah tidak kuat untuk menahan tangis yaa Ibuku. Love You Mom :) You're My Inspiration :)


Mungkin seperti itu cerita tentang keluargaku. Aku pun berjanji akan membuat bangga kedua orang tuaku, kakakku dan adikku. Terima kasih ya Allah engkau memberikanku keluarga yang lengkap dan sangat aku cintai :)